cover
Contact Name
Baihaqi Siddik Lubis
Contact Email
baihaqisiddik@umsu.ac.id
Phone
+6281375727705
Journal Mail Official
ejoes@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Medan Sumatera Utara-20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EJoES (Educational Journal of Elementary School)
ISSN : -     EISSN : 27454045     DOI : 10.30596
Core Subject : Education, Social,
EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since 2020. EJoEs will be published three times annually, February, June and October (3 issues/year). EJoES publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and research and their implications for teaching practice. In addition, EJoES presents articles that relate the latest research in the development of curriculum, teaching innovation, child development, cognitive psychology, teaching evaluation, and educational policy.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)" : 5 Documents clear
PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI IMPLEMENTASI KERJA KEPENGAWASAN Riatun Riatun
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 3 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i3.7219

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Teknik  Supervisi Individual sebagai implementasi kerja kepengawasan Di SDN 097358 Negri Lawan Kecamatan  Dolok Batunanggar. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan Penerapan Pendekatan Realistik. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Guru  SD Negeri 097358 Negri Lawan yang berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data digunakan, lembar observasi dan hasil foto. Dari analisis diperoleh, Ada perbedaan  Pembelajaran antara kelompok guru yang  mengajar  pola  konvensional  dengan pengajaran berbasi kemampuan dan uji kompetensi dan Ada  Peningkatan kemampuan mengajar dalam KBM di sekolah masing-masing dari hasil penelitian menujukkan hasil yang cukup signifikan untuk kemajuan pendidikan di   SDN 097358 Negri Lawan Pemberian  materi pelajaran diusahakan  agar kemampuan fleksibilitas diri dikembangkan dalam olah pengajaran. Dan sebaiknya guru  juga Kepala Sekolah memperhatikan bahan ajar dan persiapan materi pengajaran sehingga KBM dapat berjalan dengan lancar  di sekolah masing-masing
PERANAN BAHAN AJAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI Kharida Shaleha; Anita Yus
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 3 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i3.7220

Abstract

Melalui penggunaan bahan ajar, anak  dapat mencoba mengembangkan aspek perkembangannya seperti, perkembangan  bahasa, kognitif, sosial emosional, agama, seni dan terkhusus bahasa anak. Karena  dengan penggunaan bahan ajar yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan anak dan yang bersifat menyenangkan  dapat menentukan keberhasilan sebuah proses pembelajaran dan perkembanagan bagi anak usia dini. Agar perkembangan dan dalam pembelajaran anak  berjalan efesien dan efektif mencapai sasarannya diperlukan dengan pemilihan metode, strategi, media dan pendekatan dalam proses pembelajaran yang sesuai tema dan materi pembelajaran, yaitu dibutuhkannya peranan dari bahan ajar.
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Rosliana Nasution; Deny Setiawan
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 3 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i3.7221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa kelas X SMAN 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Jumlah populasi yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 270 orang, dan dalam menentukan sampel diambil sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 54 orang yang diambil secara acak sederhana atau random sampling. Untuk menghitung koefisien kompetensi pedagogik guru PPKn dan minat belajar siswa digunakan rumus statistik product moment. Korelasi antara variabel x dan variabel y menunjukan nilai rhitung lebih besar dari rtabel  (rhitung > rtabel ) atau 0,459 > 0,263 pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa. Dari analisis hasil penelitian diperoleh thitung>ttabel atau 3,726>1,675 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan kebebasan (dk) = n-2 (54-2=52, maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yaitu terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak yaitu tidak terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa kelas X SMAN 10 Medan.
STEM TPACK DALAM MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS 2045 Trisya Ananda Siregar
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 3 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i3.9857

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang menjadi fokus utama dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Tujuan utama pendidikan masa kini adalah menciptakan generasi emas dengan meluaskan kesempatan yang ada melalui akses pendidikan yang lebih tinggi. Peran STEM TPACK sangat penting dalam peningkatan kreativitas yang merupakan salah satu indikator dalam pencapaian Indonesia Emas 2045. Metode penelitian yang digunakan metode one shot experiment. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak14 orang. Instrumen yang diberikan adalah instrumen tes kreativitas belajar  siswa menggunakan Metode Stem TPACK . Penelitian ini diadakan di SD Swasta  R.A  Kartini Cerdas Bangsa di kelas IV . Hasil pretes yang didapat adalah 63,71. Setelah diadakan implementasi STEM TPACK, maka diadakan uji postes dengan nilai rata-rata sebesar 93,07. Berdasarkan hasil rerata ini, maka terdapat peningkatan kreativitas siswa melalui Metode STEM TPACK.
SANITASI AIR SEDERHANA UNTUK SEKOLAH SEHAT DI SD 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL) KABUPATEN BATU BARA, KECAMATAN MEDANG DERAS DESA SEI RAKYAT Trisna Yuningsih
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 1, No 3 (2020): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v1i3.9856

Abstract

Sekolah merupakan suatu lembaga yang mempunyai peran mendidik sehingga perlu didukung oleh kondisi sanitasi air yang sehat. Kondisi air yang sehat akan memberikan pengaruh yang besar terhadap tingkat kesehatan peserta didik di sekolah dasar. Penulis memberikan solusi kepada sekolah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) mengenai sanitasi air bersih. Untuk menjadi kesedian air bersih dalam skala kebutuhan sekolah, pengelolaan air polutan mikro menjadi air bersih dengan sanitasi air sederhana dengan media filtersi merupakan pilihan yang praktis, dan ekonomis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung di lingkungan sekolah dasar negeri 19 sei rakyat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5